Hindari Makanan ini Saat Anda Mengalami Asam Urat

Posted on

Makanan Penyebab Asam Urat

Makanan Penyebab Asam Urat | Saat kadar asam urat naik, biasanya bagian tubuh di area persendian terasa sangat nyeri. Saking ngilunya, saat sedang duduk dan asam urat naik maka sangat susah untuk kembali berdiri secara cepat.

Penyakit asam urat diakibatkan oleh adanya zat purin yang dikonsumsi berlebihan dan tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Akhirnya zat purin ini bersemayam dan menumpuk di area persendian, sehingga muncul rasa nyeri, bengkak dan radang.

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

Zat purin penyebab asam urat berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung purin berupa sayuran dan daging. Apakah semua jenis sayuran dan daging menyebabkan asam urat? Tentu tidak.

Di bawah ini beberapa makanan yang perlu kita hindari atau minimal kurangi saat asam urat menyapa;

1. Beberapa jenis jeroan
Jeroan hewan memegang rekor makanan yang mengandung purin paling tinggi. Beberapa jenis jeroan yang perlu Anda dihindari; paru, otak, babat dan hati.

2. Jenis daging
Meski mengandung purin yang tidak setinggi jeroan, tetap harus membatasi konsumsi daging agar asam urat terkendali. Jenis daging yang harus dihindari; daging babi, daging sapi, daging unggas, dan daging kambing.

Jika sudah terlanjur hobi makan daging-daging tersebut, maka sebaiknya makan daging yang tidak mengandung lemak dan tidak berlebihan. Catatan: untuk daging babi, hukumnya haram bagi orang Islam.

3. Sayur dan Jenis Kacang-kacangan
Meski termasuk bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, pada kenyataannya ada beberapa jenis sayuran dan kacang-kacangan yang jika dimakan berlebihan akan menambah rasa nyeri pada sendi.

Beberapa di antaranya; kacang polong, kacang hijau, melinjo, bayam, kembang kol, dan asparagus. Kelompok sayuran dan kacang-kacangan ini memang tidak selalu menimbulkan rasa nyeri saat dimakan oleh penderita asam urat. Namun jangan berlebihan ketika makan.

4. Makanan Laut (Seafood)
Bagi kebanyakan orang, seafood adalah surga makanan. Segala macam jenis ikan ada dan halal dimakan. Ikan asin, kerang, teri, udang, sarden, dan kepiting. Siapa yang tidak suka? Tentu saja yang alergi dan menderita asam urat berlebih.

Maka dari itu, ketika Anda sedang terkena asam urat sebaiknya hindari makanan laut. Atau minimal kurangi porsi agar asam urat Anda tidak sering kambuh.

Beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas biasanya memang menimbulkan rasa nyeri pada penderita asam urat. Tidak selalu, tapi ketika dimakan secara berlebihan. Apapun jenis makanannya, jika dimakan secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan.

Sedapat mungkin Anda hindari beberapa jenis makanan itu agar asam urat tidak sering kambuh. Terutama jika Anda bertubuh gemuk, maka usahakan untuk olah raga secara rutin agar produksi asam urat dalam tubuh bisa ditekan.

Solusi terbaik yang bisa kami sarankan saat nyeri sendi akibat asam urat tidak kunjung baik adalah Anda konsultasi ke dokter.

Jika sudah usaha konsultasi ke dokter namun belum mengalami perubahan positif, Anda perlu coba makan suplemen alami semisal British Propolis. Insya Allah nyeri sendi akibat asam urat bisa segera teratasi.

Klik di sini untuk Info Lengkap British Propolis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *